logo

Written by Super User on . Hits: 60

PERAN PETUGAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI PENGADILAN DALAM MELAYANI PERMOHONAN INFORMASI

Oleh: Musthofa, S.H.I., M.H[1]

(Hakim Pengawas Bidang Pelayanan Publik Pengadilan Agama Bajawa)

 A. PENDAHULUAN

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan memberikan pengaruh besar terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Masyarakat lebih mudah dan percaya kepada pengadilan. Cepat dan transparan, kesan yang terbangun di pengadilan. Kepercayaan masyarakat terhadap pengadilan pun meningkat. Masyarakat lebih mudah untuk memperoleh informasi. Cukup datang ke PTSP pengadilan.

Lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik[2] secara historis dilatarbelakangi oleh bergulirnya reformasi dalam Negara Kesatuan Republik Indnesia. Reformasi yang sudah berumur dua dasawarsa telah membawa perubahan dalam sistem pemerintahan negara. Reformasi yang ditandai dengan adanya tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) yang mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparasi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik.

Termasuk transaparansi peradilan bagi Mahkamah Agung saat ini bukan saja menjadi kebutuhan publik, tetapi juga kebutuhan seluruh warga badan peradilan. Dengan adanya transparansi peradilan, secara perlahan akan terjadi penguatan akuntabilitas, profesionalitas serta integritas warga peradilan. Dibutuhkan manajemen dan sumber daya manusia yang handal dalam memberikan pelayanan yang prima kepada para pencari keadilan. Serta didukung oleh politic will pimpinan lembaga.

Lahirnya Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung (SK KMA) Nomor: 144/KMA/VIII/2007 Tentang Keterbukaan Informasi Pengadilan[3] menjadi tonggak awal dalam memberikan pelayanan yang prima kepada para pencari keadilan dalam hal pelayanan permohonan informasi. SK KMA di atas telah diganti dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor: 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Keterbukaan informasi yang efektif dan efisien merupakan bagian dari komitmen Mahkamah Agung dalam rangka reformasi birokrasi. Setiap pegawai peradilan dalam bekerja harus berorientasi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Pelayanan prima kepada masyarakat menjadi tolak ukur keberhasilan Negara dalam memenuhi hak-hak warga Negara. Tanggung jawab ini tentu juga menjadi tanggung jawab dipundak para warga peradilan. 


[1] Hakim Pengadilan Agama Bajawa angkatan VIII/ PPC Angkatan III

[2] Lihat SK KMA Nomor: 144/KMA/VIII/2007 dan SK KMA Nomor: 1-144/KMA/SK/I/2011.

[3] Informasi yang dimaksud adalah adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik ataupun non elektronik yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu Pengadilan yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan tugas dan fungsi pengadilan; baik yang berkaitan dengan penanganan perkara, maupun yang berkaitan dengan pengelolaan organisasi pengadilan.

 

SELENGKAPNYA KLIK DISINI

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020