logo

Written by Super User on . Hits: 55

PERAN AKTIF PANITERA PENGGANTI SEBAGAI SUPPORTING UNIT DALAM MEMBANTU MAJELIS HAKIM DI PERSIDANGAN

Oleh: Musthofa, S.H.I, M.H[1]

Ahmad Taujan Dzul Farhan, S.H.

(Para Hakim Pengadilan Agama Bajawa)

  1. A.PENDAHULUAN

Salah satu supporting unit di pengadilan, adalah bagian kepaniteraan. Unit ini mensupport atau menopang agar core business[2] pengadilan berjalan lancar. Mulai dari penerimaan, pemeriksaan dan penyelesaian perkara. Selain Hakim, yang berperan dalam pemeriksaan persidangan adalah Panitera Pengganti. Diantara tugas pokok Panitera Pengganti adalah membantu Panitera pengadilan menjalankan tugasnya mendampingi hakim di dalam persidangan (panitera sidang). Sehingga kedudukan Panitera Pengganti menjadi sangat vital dan sangat diperlukan untuk membantu Hakim. Baik pra persidangan, saat proses persidangan dan pasca persidangan.

Kedudukan, tugas pokok dan fungsi Panitera Pengganti dapat dilihat di dalam Peraturan Mahkamah Agung (PERMA RI) Nomor 7 Tahun 2015 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Kepaniteraan Dan Kesekretariatan Peradilan. Telah diubah pada tahun 2017 menjadi PERMA Nomor 1 Tahun 2017. PERMA ini pada intinya membagi dua kekuasaan di Peradilan. Kekuasaan, yang dimaksud adalah pemisahan struktur organisasi di peradilan menjadi dua bagian. Bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Sebelum keluar PERMA ini, sebelumnya di tiap-tiap pengadilan, yang menjabat Panitera juga menjabat sebagai Sekretaris disingkat menjadi Pansek (Panitera Sekretaris).

Perubahan organisasi dan tata kerja kepaniteraan dan kesekretariatan peradilan di bawah Mahkamah Agung RI berdasarkan PERMA tersebut bertujuan mewujudkan kualitas pengelolaan administrasi badan peradilan. Dengan pemisahan kedudukan, tugas dan fungsi antara panitera dan sekretaris tersebut diharapkan terwujud profesionalisme pelaksanaan tugas masing-masing sebagai penyangga utama penyelenggaraan administrasi badan peradilan, sehingga memudahkan untuk pencapaian visi Mahkamah Agung, yakni terwujudnya badan peradilan yang agung, segera menjadi kenyataan.[3] Untuk mewujudukan cita-cita tersebut, Panitera Pengadilan Agama dibantu oleh 3 (tiga) orang Panitera Muda, beberapa orang Panitera Pengganti, dan beberapa orang Jurusita.

 


[1] Para Hakim Pengadilan Agama Bajawa/ Hakim Angkatan VIII/ PPC III.

[2] Core business (tanggung jawab utama) Pengadilan mencakup segala kegiatan pengadministrasian perkara dari sejak suatu perkara didaftar hingga diputus, termasuk juga pelaksanaan putusan melalui mekanisme eksekusi. Administrasi ini juga mencakup segala hal berkaitan dengan pelaporan perkara, manajemen persidangan, penanganan pengaduan atas layanan keperkaraan, dan lain-lain kegiatan penanganan perkara. Sementara itu, administrasi umum sebagai unit pendukung (supporting unit) mencakup segala kegiatan yang dimaksudkan mendukung core business Pengadilan, baik administrasi umum, keuangan, kepegawaian, dan pemanfaatan teknologi informasi. Lihat Artikel M. Natsir Asnawi, Pemanfaatan Teknologi Dalam Mendukung Fungsionalitas Pengadilan, 2020, hal. 1.

[3] Diambil di http://pa-purworejo.go.id/pelaksanaan tupoksi-sekretaris-pengadilan-dalam-rangka-mewujudkan-badan-peradilan-yang-agung/. Pada hari Senin tanggal 21 Januari 2019.

 

Selengkapnya, LIHAT DISINI

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020