logo

Written by Super User on . Hits: 25

 

MA

Labuan Bajo,22 April 2019.Mahkamah Agung RI (MA) secara resmi meluncurkan Sistem Informasi Penulusuran Perkara (SIPP) tingkat banding versi 3.2.0. Peluncuran aplikasi ini dilakukan langsung oleh Ketua MA Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Tmur, tepat pukul 10.00 WITA.

Selain dihadiri para pimpinan MA, para Hakim Agung, para Hakim Ad Hoc dan para pejabat eselon I, II dari MA, acara ini juga dihadiri para Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada empat lingkungan peradilan di Indonesia. Hadir pula Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris pengadilan tingkat pertama pada empat lingkungan peradilan di wilayah hukum Nusa Tenggara Timur.

Prof. Hatta Ali mengatakan, SIPP pengadilan tingkat banding versi 3.2.0 dikembangkan terintegrasi dengan SIPP pengadilan tingkat pertama dan direktori putusan MA, sehingga seluruh aplikasi perkara MA dan peradilan dibawahnya akan saling tersinkronisasi . SIPP Tingkat Banding juga merupakan aplikasi informasi perkara yang menjadi sarana transparasi dan akuntabilitsas penanganan perkara sekaligus sebagai sarana monitoring penyelesaian perkara dan kinerja aparatur peradilan.

Selama ini aplikasi SIPP dipergunakan sebagai sarana perekam data perkara di seluruh Pengadilan, baik tingkat pertama maupun banding di seluruh Indonesia. Dengan perekaman tersebut, penelusuran perkaraoleh aparatur pengadilan maupun masyarakat pencari keadilan menjadi lebih mudah dan murah. Sepanjang terkoneksi dengan jaringan internet, aplikasi ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Dengan aplikasi ini, pengadilan dapat memberikan transparansi kepada masyarakat pengguna pengadilan yang ingin mengetahui jalannya perkara serta hasil – hasil dan agenda persidangan. Bahkan masyarakat dimudahkan untuk memantau pembiayaan perkaranya secara online.

MA2

Khusus untuk aplikasi tingkat banding, aplikasi ini dirancang berbasis web, sehingga ketersediaan datanya dapat dilakukan secara realtime. Manakala suatu data perkara sudah diinput didalam SIPP Tingkat Banding, maka saat itu juga data perkara tersebut sudah tersedia di web.

Cara kerja aplikasi ini berbeda dengan aplikasi SIPP Tingkat Pertama yang harus disingkronisasi terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa tersaji di website SIPP tiap pengadilan. Dan untuk mengejar agar data selalu Update maka pengadilan tingkat pertama harus melakukan singkronisasi setidak – tidaknya tiga kali dalam sehari.

Ia mengungkapkan, implementasi Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIAP) di MA dan sistem informasi penulusuran perkara (SIPP) di pengadilan tingkat pertama telah terlebih dahulu dilaksanakan secara optimal. "Hal ini terbukti telah berhasil meningkatkan kinerja MA dan pengadilan tingkat pertama. Sementara pengadilan tingkat banding sebagai purposeMA justru malah tertinggal," ungkapnya.

Hatta Ali juga menyoroti kinerja pengadilan tingkat banding termasuk pengadilan pajak. Menurut data pada dua tahun terakhir, produktifitas penyelesaian perkara dan akseptabilitas putusan pengadilan tingkat banding, termasuk pengadilan pajak menurun. "Saya berharap dengan aplikasi ini, pengadilan tingkat banding dapat meningkatkan kinerjanya agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan," ujarnya.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Bajawa@2019