logo

Written by Super User on . Hits: 27

UJI COBA TELEKONFERENSI PA. BAJAWA DENGAN PTA. NUSA TENGGARA TIMUR BERJALAN SUKSES

WhatsApp Image 2019 07 30 at 10.10.00

Bajawa (31 Juli 2019) pabajawa.net

Telekonferensi merupakan cabang ilmu dalam telekomunikasi, yaitu pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon atau melalui video call. Penggunaan telekonferensi memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi dapat berbentuk konferensi audio atau konferensi video. Konferensi audio merupakan salah satu jenis telekonferensi di mana seseorang dapat melakukan percakapan interaktif didalamnya. Dengan audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih dari satu orang melalui speaker. Dalam konferensi video, para partisipannya dapat saling melihat gambar (video) dan saling mendengar, melalui peralatan kamera, monitor, atau pengeras suara masing masing  (https://id.wikipedia.org).

Jargon Mahkamah Agung RI adalah Era Baru Peradilan Modern berbasis Teknologi Informasi demi Terwujudnya Suatu Badan Peradilan Yang Agung. Untuk itu penggunaan berbagai macam aplikasi dunia elektronik digunakan untuk mengikuti perkembangan kemutakhiran teknologi, dunia peradilan tidak boleh ketinggalan dari perkembangan dunia ITE, peradilan harus mampu berjalan selaras, seiring dan seirama dengan pertumbuhkembangan dunia ITE.

Penggunaan media ITE berupa Telekonferensi selain lebih praktis, pula dapat menyederhanakan sistem berbirokrasi, misalnya pembinaan yang dilakukan oleh Pimpinan Mahkamah Agung dapat senantiasa dilakukan setiap waktu, tanpa adanya turun langsung ke lapangan untuk memantau kinerja peradilan-peradilan di bawahnya, melalui Telekonferensi pimpinan Mahkamah Agung melalui Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama dapat selalu memonitoring dan merespon kebutuhan maupun kendala yang dihadapi oleh pengadilan-pengadilan di tingkat daerah.

Melalui Surat dari Dirjen Badilag Nomor 3574/DJA/VII/2019 tertanggal 22 Juli 2019 yang pada pokoknya berisi persiapan pendampingan telekonferensi/penterjemah, hal tersebut merupakan suatu lompatan besar inovasi yang dilakukan oleh Dirjen Badilag guna untuk memodernisasikan lingkungan Peradilan Agama. Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur (PTA NTT) dengan cepat merespon surat dari Bapak Dirjen dengan memerintahkan kepada seluruh Pimpinan Pengadilan Agama se Nusa Tenggara Timur untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan guna dapat dilakukan telekonferensi.

Pengadilan Agama Bajawa yang merupakan Pengadilan Agama di wilayah Hukum dari PTA NTT, melalui Ketua nya YM. Ibu Sriyani HN, S.Ag., MH., sangat responsive dan bergerak cepat untuk dapat kiranya segera memiliki peralatan yang digunakan untuk dapat melakukan telekonferensi baik dengan Pimpinan Mahkamah Agung RI, Dirjen Badilag maupun dengan Pimpinan PTA NTT.

Dengan mengucapkan Alhamdulillahirrahmanirrahim…….akhirnya, pada hari Selasa tanggal 30 Juli 2019 pukul 09.30, PA Bajawa berhasil melakukan uji coba telekonferensi dengan YM. Bapak Ketua PTA NTT, YM. Bapak Wakil Ketua PTA NTT dan Bapak Panitera PTA NTT, meskipun ada beberapa kendala diantaranya kurang jelasnya suara yang ditangkap, gambar video terkadang macet hingga sinar matahari yang membuat pandangan kamera menjadi gelap, namun diusahakan kendala tersebut dapat segera diatasi, sehingga nanti pada saat ada telekonferensi dengan Pimpinan PTA maupun Mahkamah Agung RI sudah siap dan tidak mengalami kendala.

Aplikasi yang digunakan oleh PA Bajawa untuk melakukan uji coba telekonferensi dengan Pimpinan PTA NTT adalah aplikasi Skype, Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

Meskipun PA Bajawa belum memiliki gedung yang prototype (masih bangunan kuno) namun PA Bajawa akan selalu berusaha keras untuk terus mengikuti semua inovasi dan kebijakan dari Dirjen Badilag MARI sambil berharap, berdo’a, berusaha dan bermimpi untuk mendapatkan gedungan Kantor Pengadilan Agama Bajawa yang Prototype nan Megah, Megah Lahir dan Bathin, Amiiiin….(Red.Mahar).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Bajawa@2019