logo

Written by Super User on . Hits: 315

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) DILAKUKAN MELALUI APLIKASI ONLINE

 

WhatsApp Image 2020 06 19 at 14.42.53

Halaman Website Layanan Survei Kepuasan Masyarakat

Bajawa, 19 Juni 2020, www.pabajawa.net

Pengadilan Agama Bajawa turut aktif dalam Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat. Dalam hal ini, selain dilaksanakan dalam bentuk Survei di tempat, survei juga dilaksanakan dalam bentuk elektronik/online. Setiap pihak yang berperkara di Pengadilan Agama Bajawa dapat mengisinya melalui website resmi Pengadilan Agama Bajawa. Setiap lembaga Pemerintah tentu saja ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Disebabkan oleh layanan publik yang beragam, maka diperlukan sebuah indikator yang menunjukkan bahwa sebuah lembaga telah melaksanakan pelayanan publik dengan maksimal, yaitu dengan Survei Kepuasan Masyarakat.

Dasar yang digunakan Pengadilan Agama Bajawa dalam melakukan survei ini adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Survei ini bertujuan untuk untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Dengan dilaksanakan minimal satu kali per tahun, hasil Survei ini akan menjadi dasar Pemerintah untuk menentukan Indek Kepuasan Masyarakat secara Nasional.

Adapun sasaran dari Survei ini, adalah untuk mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan, mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik, serta mengukur kecenderungan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Unsur-unsur yang menjadi pengukuran dalam survei ini diantaranya ; 1 Persyaratan, 2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur, 3. Waktu Penyelesaian 4. Biaya/Tarif 5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan 6. Kompetensi Pelaksana 7. Perilaku Pelaksana 8. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 9. Sarana dan prasarana

Analisa hasil yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Bajawa adalah analisa bivariat. Analisa bivariat dilakukan untuk menjelaskan hubungan yang kompleks antara satu unsur dengan unsur lain. Contoh: hubungan antara unsure prosedur dengan unsur waktu pelayanan, atau unsur kompetensi petugas dengan unsur perilaku petugas. Tujuan dari analisa bivariat ini adalah untuk melihat hubungan satu unsur dengan unsur lain sebagai dasar untuk menjelaskan suatu masalah.

Melalui analisa ini, hasil pengelohan data SKM tidak hanya dimunculkan analisa kuantitatif saja (indeks atau angka SKM), tetapi juga analisa kualitatif. Analisa ini sangat penting untuk perbaikan kualitas pelayan publik maupun pengambilan kebijakan dalam rangka pelayanan publik.

Oleh karena itu, hasil analisa ini perlu dibuatkan dan direncanakan tindak lanjut perbaikan. Rencana tindak lanjut perbaikan dapat dilakukan dengan prioritas dimulai dari unsur yang paling buruk hasilnya. Penentuan perbaikan harus direncanakan tindak lanjut dengan prioritas perbaikan jangka pendek (kurang dari 12 bulan), jangka menengah (lebih dari 12 bulan, kurang dari 24 bulan), atau jangka panjang (lebih dari 24 bulan).

Salam Laskar Pelangi PA Bajawa !!! (red : Thofa)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020