logo

Written by Super User on . Hits: 145

SHOLAT JUMAT PERDANA DI ERA NEW NORMAL

bajawa.net

Jumat Pon, 26 Juni 2020, seluruh Hakim, ASN dan Honorer Pengadilan Agama Bajawa menunaikan ibadah sholat jum’ah secara berjamaah di Masjid Agung Kota Bajawa, ini merupakan untuk pertama kalinya sholat jum’at dilaksanakan di Masjid Agung Al-Ghuroba Baitur Rahman Bajawa, Kabupaten Ngada sejak Pandemi Covid 19 melanda Indonesia dan Dunia. Sejak Pandemi Covid 19, seluruh warga Pengadilan Agama Bajawa menunaikan kewajiban sholat jum’ah di ruang sidang yang disulap menjadi musholla dengan khotib nya adalah semua Hakim yang dilakukan secara bergantian, meski demikian sholat jum’ah di Kantor PA. Bajawa dilakukan dengan tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran covid 19.

WhatsApp Image 2020 06 26 at 13.19.08

Suasana Masjid Agung Al-Ghuroba Baitur Rahman Bajawa 

Menunaikan ibadah sholat Jum’ah adalah wajib dan dihukumi wajib ain selama terpenuhi syarat-syaratnya. Sebagaimana firman Allah Swt., dalam surah al-Jumu’ah:19:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah.”

Hadis Nabi Saw., yang diriwayatkan dari Thariq bin Syihab radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِى جَمَاعَةٍ إِلاَّ أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِىٌّ أَوْ مَرِيضٌ

“Shalat Jumat itu wajib bagi setiap muslim secara berjamaah selain empat orang: budak, wanita, anak kecil, dan orang sakit” (HR. Abu Daud, no. 1067. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih).

New Normal, menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita sebagaimana dikutip dari www.kompas.com adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Kabupaten Ngada merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang satusnya adalah “hijau” yang masih terbebas dari adanya virud covid 19, hal tersebut karena Bupati Ngada Drs. Paulus Soliwoa telah memproteksi Kabupaten Ngada dari adanya virus Covid 19 dengan menerapkan hidup disiplin serta membentuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 yang diisi dari unsure TNI, Polri, ASN, dan Masyarakat dan ini terbukti ambuh di Kabupaten Ngada.

WhatsApp Image 2020 06 26 at 13.19.08 1

Ketua Takmir bersama Tim Kesehatan dari Puskesmas Kota Bajawa Jelang pelaksanaan Sholat Jumat

Menurut Takmir Masjid Agung Al-Ghuroba Baitur Rahman Bajawa, Indra Jaya Petorsila, SE., sholat jum’ah dilaksanakan setelah Bupati Kabupaten Ngada mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pedoman tatanan Normal Baru di Kabupaten Ngada tanggal 15 Juni 2020. Dalam Perbup tersebut, antara lain:

  1. Mengajukan permohonan tertulis pada Gugus Tugas Kabupaten/ Kecamatan untuk mendapatkan surat keterangan rumah ibadah aman dari Covid 19;
  2. Apabila daya tampung Masjid/Musholla pada pelaksanaan Shalat Jumat dalam suatu wilayah akibat penerapan jaga jarak membuat kapasitasnya berkurang maka dapat menggunakan halaman Masjid / Musholla dan/atau badan jalan di sekitar Masjid/ Musholla;
  3. Kegiatan Shalat Jumat dapat dilaksanakan bila sudah mendapakan Surat Keterangan Tempat Ibadah Aman Covid-19 dari Gugus Tugas Kabupaten/ Kecamatan sesuai tingkatan rumah ibadah dimaksud berada;
  4. Menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di area Masjid/Musholla;
  5. Melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di area Masjid / Musholla paling lambat 3 (tiga) jam sebelum shalat;
  6. Menyediakan fasilitas cuci tangan/ sabun/ handsanitizer di pintu masuk dan pintu keluar Masjid / Musholla;
  7. Meminta petugas kesehatan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk Masjid/Musholla bagi jemaah. Jika ditemukan jamaah dengan suhu > 37,5'C, tidak diperkenankan memasuki area Masjid/Musholla;
  8. Menerapkan pembatasan jarak dengan memberikan tanda khusus di lantai/ kursi, minimal jarak 1 meter;
  9. Melakukan pengaturan jumlah Jemaah yang berkumpul dalam waktu bersamaan , untuk memudahkan pembatasan jaga jarak;
  10. Memasang himbauan penerapan protokol kesehatan di area Masjid/Musholla, pada tempat-tempat yang mudah terlihat;
  11. Memberikan teguran bagi jamaah yang tidak mentaati Protokol Kesehatan seperti tidak membawa masker, berkumpul/ mengobrol di lingkungan Masjid/Musholla dll.

Semoga dengan diterapkannya New Normal ini, seluruh Hakim dan ASN Pengadilan Agama Bajawa, dapat menjalankan kegiatan Ibadah di Masjid secara berjamaah, Masjid Agung Al-Ghuroba Baitur Rahman ini merupakan satu-satu nya Masjid yang ada di Kota Bajawa. Salam Laskar Pelangi PA. Bajawa (Red.Mahar)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020