logo

Written by Super User on . Hits: 98

Justice For The Poor oleh Pengadilan Agama Bajawa

 

WhatsApp Image 2020 07 28 at 17.21.37

Majelis Hakim siap memeriksa sidang itsbat nikah

 

Pabajawa.net

Aesesa |Selasa kliwon, 28 Juli 2020 bertepatan dengan 7 Dzulhijah 1441 Hijriah, Pengadilan Agama bajawa menunaikan Justice For The Poor (keadilan untuk orang tidak mampu) di Kantor Urusan Agama Kecamatan Aesesa, Kab. Nagekeo. Justice for The Poor yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Bajawa, dalam bentuk sidang keliling. Kurang lebih sebanyak 21 (dua puluh satu) perkara akan diperiksa dan diputus oleh Pengadilan Agama Bajawa. 

Rombongan yang berangkat dari kalangan Hakim dan Kepaniteraan. Kalangan Hakim diantaranya yaitu, Ibu Sriyani HN, S.Ag., M.H, Dr. Mahmud Hadi Riyanto, S.H.I., M.H.I, Muhammad Ismail, S.H.I, dan Musthofa, S.H.I., M.H. sedangkan dari kalangan Kepaniteraan diantaranya yaitu Azriaddin, S.Ag., M.H., Sirojudin, S.Ag., Sulhan Wardana, S.E., S.H, dan Ishak Karim. Tim dibantu oleh Tim IT Pengadilan Agama Bajawa yang luar biasa, yaitu Faizin Hakim, S.Kom serta diantar oleh driver handal Pengadilan Agama Bajawa yang biasa disapa Om Rus (read. Rusliadi Abidin).

Tepat pukul 07.30 WITA, tim berangkat menuju lokasi sidang keliling dengan melewati hutan bambu dan melalui jalan kelok perbukitan sepanjang Bajawa-Nagekeo. Tim tiba di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Aesesa tepat pada pukul 09.45 WITA disambut oleh Kepala KUA Aesesa, yang terhormat dan terpelajar Bapak Safrudin Ali, S.Ag, para Penyuluh Agama KUA Aesesa dan segenap masyarakat pencari keadilan.

WhatsApp Image 2020 07 28 at 17.21.38

Sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Bajawa dan Kepala KUA Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo

Pada puku 10.00 WITA, Acara diawali dengan sambutan Kepala KUA Aesesa, yang menyampaikan bahwa, “selamat datang para rombongan dari Pengadilan Agama Bajawa”, “adanya program sidang keliling dari Pengadilan Agama Bajawa sangat membantu masyarakat untuk melegalkan perkawinan beberapa pasangan suami istri sesuai dengan peraturan perundang-undangan.” “atas nama peserta dan ummat islam kecamatan Aesesa kami mengucapkan banyak terimakasih keapda rombongan Pengadilan Agama Bajawa,” ujar Safrudin Ali. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Bajawa, Yang Mulia Ibu Sriyani HN, S.Ag., M.H. beliau menyampaikan bahwa,“sidang keliling itsbat nikah merupakan program kerja Pengadilan Agama Bajawa yang dibiayai oleh Negara melalui DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran).” “Adalah hak masyarakat pencari keadilan didatangi oleh Pengadilan Agama Bajawa untuk memperoleh keadilan. Pengadilan Agama Bajawa berkomitmen melayani masyarakat pencari keadilan berdasarkan peraturan perundang-undangan”. Ujar Ibu Sriyani.

WhatsApp Image 2020 07 28 at 17.21.39

Ketua Pengadilan Agama Bajawa juga berpesan kepada peserta itsbat nikah agar menyampaikan kepada saudara, tetangga dan teman jangan sampai menikah dibawah tangan atau tidak dicatatkan di KUA. “Perkawinan yang tidak dicatatkan tidak akan bisa dibuktikan. Bila ada permasalahan yang timbul tidak bisa menuntut apapun karena tidak bisa dibuktikan. Perkawinan yang dilaksanakan tidak ada hitam di atas putih. Pengadilan Agama Bajawa akan berusaha memberikan pelayanan yang masksimal kepada peserta itsbat nikah. Kami datang akan membantu menyelesaikan persolan peserta itsbat nikah sepanjang perkawinan yang dilaksanakan sesuai dengan syari’at islam dan peraturan perundang-undangan. itsbat nikah yang akan dilaksanakan tidak semuanya dikabulkan, karena akan diperiksa di dalam persidangan apakah pernikahan yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan apa tidak.” Pesan Ibu Sriyani.

WhatsApp Image 2020 07 28 at 17.21.02 2

Bapak Safrudin Ali menyampaikan bahwa, “Banyaknya peserta itsbat nikah yang akan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Aesesa merupakan berkat kerja keras para Penyuluh Agama KUA Kecamatan Aesesa. “para penyuluh KUA Kecamatan Aesesa merupakan anak-anak muda yang tangguh dan pekerja keras,” puji Kepala KUA Kecamatan Aesesa. Anstusiame masyarakat yang mengikuti sidang itsbat nikah sangat terlihat jelas. Semua sisi gedung dibanjiri oleh 21 (duapuluh satu) pasangan suami istri. Jalan depan kantor KUA kecamatan Aesesa dan halaman juga penuh sesak dengan kendaraan.

WhatsApp Image 2020 07 28 at 17.24.50

Dari data yang dihimpun ada sekitar 21 (dua puluh satu) pasangan suami istri yang akan mengikuti sidang itsbat nikah. Sidang itsbat nikah yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Bajawa sangat membantu masyarakat yang tidak mampu. Banyak masyarakat di Nagekeo yang secara ekonomi tergolong tidak mampu. Secara geografis, juga jauh dari kantor Pengadilan Agama Bajawa. Kondisi ini berakibat pada ketidakmampuan masyarakat untuk mendaftarkan perkaranya ke Pengadilan Agama Bajawa. Bagi mereka, biaya perkara dan biaya transportasi sangat tinggi. Adanya sidang keliling ini membawa kemanfaatan yang besar bagi masyarakat khususnya di kecamatan Aesesa,” ujar Azriaddin selaku Penitera Pengadilan Agama Bajawa.

Pelaksanaan justice for the poor oleh Pengadilan Agama Bajawa melalui sidang keliling berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun. Dari 21 (dua puluh satu) perkara, yang dikabulkan sebanyak 18 (delapan belas perkara). Sebanyak 3 (tiga) perkara dicabut. Setelah pemeriksaan sidang itsbat nikah selesai, acara dilanjutkan dengan ramah tamah antara rombongan Pengadilan Agama Bajawa dengan Keluarga Besar Kantor Urusan Agama Kecamatan Aesesa. Sidang keliling adalah sidang pengadilan yang dilaksanakan di Luar Gedung Pengadilan yang diperuntukkan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya. Pelayanan Terpadu sidang keliling meliputi:

  • persidangan perkara pengesahan perkawinan dan perkara terkait lainnya oleh Pengadilan Negeri atau itsbat nikah oleh Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah yang berkaitan dengan kepentingan pencatatan perkawinan dan pencatatan kelahiran;
  • pencatatan perkawinan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota atau Kantor Urusan Agama Kecamatan; dan
  • pencatatan kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.

Pada dasarnya itsbat nikah diajukan ke Pengadilan Agama. Tetapi, pemohon bisa mengajukan pada sidang keliling seperti di KUA jika mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya, karena itsbat nikah merupakan salah satu perkara yang dapat diajukan pada Pelayanan Terpadu sidang pengadilan yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang memiliki keterbatasan akses. Hal ini didasarkan pada Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Memang keadilan itu untuk semua orang (Justice for all). Akan tetapi, bagi orang tidak mampu apalagi tinggal jauh dari pengadilan, justice itu sangat sulit diperoleh. Tadak seperti orang yang berkecukupan yang dapat dengan mudah membawa perkaranya ke pengadilan. Mengingat masih banyaknya masyarakat kurang mampu dan jauh dari pengadilan di wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Bajawa, sangatlah tepat bila biaya prodeo selalu ditingkatkan. (Red. Thofa)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020