logo

Written by Super User on . Hits: 69

MANFAAT SIDANG KELILING BAGI MASYARAKAT

WhatsApp Image 2020 07 28 at 17.21.40

pabajawa.net

Bajawa | Rabu 29 Juli 2020, Bersama Kantor Urusan Agama Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. Pengadilan Agama Bajawa mewujudkan Indonesia tertib administrasi perkawinan. Demi mewujudkan Indonesia tertib administrasi perkawinan di tahun 2020, Selasa 28 Juli 2020 Pengadilan Agama Bajawa bersama Kantor Urusan Agama Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo mengadakan sidang keliling bagi mayarakat tidak mampu.

Dengan masih adanya perkawinan yang tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) dari tahun ke tahun di Indonesia, serta maraknya sulitnya masyarakat mengurus administrasi kependudukan, maka perlu kepedulian Kantor urusan Agama Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo bekerjasama dengan Pengadilan Agama Bajawa sebagai lembaga yang mewujudkan keadilan kepada masyarakat untuk memperoleh haknya sebagai warga Negara.

Sidang Keliling itsbat nikah dilakukan karena masih banyak masyarakat yang belum mencatatkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama. Penyebab mereka tidak mencatatkan pernikahannya karena tidak mengetahui ketentuan pencatatan perkawinan dan terkendala biaya.

Dasar hukum sidang keliling Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan. Sedangkan Itsbat nikah didasarkan pada Pasal 7 Instruksi Presiden No. 1 Tahun 1991 tentang Penyebarluasan Kompilasi Hukum Islam (“KHI”).

Pasal ini diberlakukan setelah berlakunya Undang-Undang Peradilan Agama”. Dari bunyi pasal tersebut, Pasal 7 ayat (3) huruf e adalah dasar bagi pasangan yang telah melakukan nikah siri untuk mengajukan itsbat nikah ke Pengadilan Agama setempat. Menikah siri apabila dilakukan dengan telah memenuhi syarat dan rukun nikah serta tidak ada larangan kawin atas pasangan tersebut maka, pernikahan tersebut adalah sah, sebagaimana dilindungi dalam Pasal 4 Kompilasi Hukum Islam yang berbunyi, “Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum Islam sesuai dengan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan” jo. Pasal 39 - Pasal 44 (larangan kawin).

Kerja sama itsbat nikah terpadu antara Pengadilan Agama Bajawa dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo ini dilandasi oleh semangat acces to justice bagi orang tidak mampu. Selain itu bentuk komitmen Pengadilan Agama memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan.

Masyarakat berhak mengajukan permohonan itsbat nikah. Itsbat nikah diajukan oleh suami-isteri untuk melegalkan perkawinannya. Jadi, jika seseorang melangsungkan perkawinan siri atau di bawah tangan, itsbat nikah dapat dilakukan dalam rangka penyelesaian perceraian. Selain itu, untuk mendapatkan kepastian hokum. Kemudian pernikahan itu dicatatkan dihadapan pejabat yang berwenang yaitu Kantor Urusan Agama atau Kantor Catatan Sipil.

Adanya sidang keliling Itsbat Nikah mempermudah masyarakaat yang tidak mampu untuk memperoleh kedilan (justice for the poor). Melalui itsbat nikah pasangan suami istri yang telah menikah secara sah menurut hukum agama namun belum tercatat dapat mendapatkan pengakuan dari negara atas pernikahan yang telah dilangsungkan. Sehingga pernikahannya tersebut berkekuatan hukum. Bila pernikahannya secara hukum agama adalah sah, tentunya anak-anak yang lahir dari pernikahan tersebut adalah anak-anak yang sah juga.

Kejasama ini diharapkan dapat berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Karena kerjasama ini sangat membantu masyarakat para pencari keadilan yang tidak memiliki akses dan biaya untuk bersidang ke Pengadilan dikarenakan masalah ekonomi dan letak geografi di Kabupaten Nagekeo.

Pengadilan Agama Bajawa dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang prima kepada masyrakat pencari keadilan. Pengadilan akan terus melanjutkan program sidang keliling untuk membantu masyarakat tidak mampu. Agar masyarakat dapat mengesahkan perkawinannya sehingga dapat memperoleh pencatatan buku nikah secara gratis dan anak-anak yang dilahirkan diakui sebagai anak sah. (Red. Thofa)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020