logo

Written by Super User on . Hits: 49

Amanat Dirjen Badilag “Saya minta Pengadilan Agama bergerak cepat, lakukan Evaluasi segera”

 

WhatsApp Image 2021 01 08 at 14.41.52

Foto saat Pak Dirjen memberikan pembinaan

Ngada|Pabajawa.net

Jum’at 08 Januari 2020, tepat pada pukul 09.30 WITA Seluruh aparatur Pengadilan Agama Bajawa mengikuti kegiatan pembinaan Awal Tahun 2021 secara virtual yang diberikan oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI (Dirjen BADILAG MA RI). Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan surat Sekretaris Dirjen BADILAG Nomor: 069/DJA/HM.00/1/2021 tanggal 06 Januari 2021.

 

Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming. Adapun daftar peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan melalui link zoom meeting terdapat 46 Pengadilan Agama. Adapun Pengadilan Agama yang tidak tercantum dalam daftar, dapat mengikuti melalui Youtube Live Streaming. Adapun agenda pada pembinaan kali ini  diawali dengan Penandatanganan bersama Pakta Integritas (Seluruh Satker menyiapkan Pakta Integritas yang akan ditandatangani) dan penyematan PIN WBK/WBBM bagi satuan kerja yang meraih predikat WBK/WBBM. Kemudian acara dilanjutkan dengan Pembinaan oleh Dirjen Badilag bapak Dr. Drs. H. Aco Nur. S. H. MH. 

 

Dalam pembinaannya, Dirjen Badilag menghimbau seluruh satker untuk mempertahankan seluruh prestasi yang pernah di dapat. Pimpinan Mahkamah Agung memberikan apresiasi terhadap seluruh satker yang telah berprestasi. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pimpinan yang telah mengorganisir Pengadilan Agama sehingga mengukir berbagai macam prestasi. Tahun 2020 merupakan tahun tantangan bagi seluruh institusi. Tantangan karena covid-19, tetapi hal tersebut bukanlah menjadi hambatan. Tapi hal tersebut menjadi peluang bagi Peradilan Agama untuk menjadikannya sebagai inovasi dalam menghadapi covid-19. 

 

Badilag telah mencoba melakukan pendekatan terhadap negara-negara di Timur Tengah untuk melakukan kerjasama. Disamping itu, Badilag mengambil inisiatif untuk melakukan kerjasama dengan AIPJ untuk mengembangkan aplikasi gugatan mandiri yang telah diaplikasikan di seluruh Pengadilan Agama. Gugatan mandiri ini mempunyai reasoning, bahwa kita memaksa masyarakat kita untuk mengetahui teknologi, dan memaksa mereka untuk mengetahui suatu hukum yang berkaitan dengan problem pribadinya. sehingga, mereka dapat secara mandiri menyelesaikan masalahnya. Karena disini sudah tidak dibutuhkan lagi pengacara dan Posbakum, sudah terdapat fitur lengkap yang ada di dalamnya. Beliau menghimbau agar aplikasi ini dapat diterapkan dengan baik di setiap Pengadilan Agama. 

 

Badilag juga telah menciptakan aplikasi untuk menganalisis data kemiskinan. Tepatnya tanggall 18 Maret 2019, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MARI, Aco Nur, Direktur Jenderal Penangan Fakir Miskin Kementerian Sosial, Andi Zainal Abidin Dulung dan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan/ Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Bambang Widianto menandatangani Nota Kesepakatan Kerjasama tentang Penggunaan Data dari Basis Data Terpadu untuk Program Akses ke Pengadilan Bagi Warga Tidak Mampu.

 

Nota Kesepakatan ini memuat kerjasama pengelolaan dan penggunaan data Rumah Tangga Sasaran (RTS) berupa nama dan alamat serta informasi lainnya yang diperlukan dari Basis Data terpadu (BDT) untuk pelaksanaan program akses ke pengadilan di seluruh wilayah Indonesia. Kementrian Sosial dan TNP2K akan menyediakan data RTS dari Basis Data Terpadu yang sesuai kriteria pemerintah untuk digunakan oleh pengadilan agama dalam memverifikasi status kemiskinan pihak yang berperkara. Aplikasi ini nantinya dapat membantu menyajikan data masyarakat miskin, sehingga pengadilan agama di seluruh wilayah Indonesia dapat mengakses database terkait status kemiskinan pendaftar perkara. Pendaftar perkara yang tidak mampu hanya perlu membawa identitas kependudukan, sistem akan secara otomatis memverivikasi melalui nomor induk kependudukannya, dan jika ia terdaftar dalam basis data tersebut, ia tidak perlu lagi keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kantor desa dan perkaranya bisa diproses secara prodeo. 

 

 

Melihat banyaknya pemalsuan akta cerai, Badilag mengambil langkah cepat. Apabila seseorang memalsukan akta cerai ini, berarti adanya kelemahan kontrol dari badan Peradilan. Oleh karena itu Badilag melakukan inovasi dengan membuat aplikasi Validasi Akta Cerai. Aplikasi Validasi akta cerai ini adalah aplikasi yang tak kalah canggihnya dengan aplikasi yang lain karena aplikasi ini mampu mendeteksi keaslian akta cerai yang diajukan ke KUA oleh masyarakat yang ingin menikah sehingga dapat diketahui apakah akta tersebut asli atau palsu. 

Badilag sebagai motor penggerak organisasi senantiasa menginisiasi seluruh Pengadilan Agama untuk memperoleh predikat WBK. Badilag merupakan satu-satunya di tingkatan Eselon I di Mahkamah Agung yang memperoleh predikat WBK dan berani maju tanpa mundur. Badilag senantiasa menjadi inspirasi dan semangat kepada lembaga Pengadilan Agama. Kita memperoleh 51 satuan kerja yang memperoleh predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi).

 

Dalam penutupnya, beliau menyampaikan beberapa hal penting yang perlu di tekankan dan di tingkatkan dalam setiap Pengadilan :

1. Meningkatkan profesionalisme aparatur Pengadilan

2. Mewujudkan manajemen Peradilan Agama Yang modern

3. Meningkatkan akses bagi masyarakat terhadap Pengadilan

4. Wujudkan akuntabilitas dan transparansi

 

“Tetap semangat mempertahankan kualitas, mempertahankan keberhasilan, semua yang diraih saat ini kita tingkatkan di 2021 “ Begitulah kira-kira penutup dari Bapak Dirjen Badilag. 

 

 

Tetapppp semangattttt, salam Laskar Pelangi PA Bajawa!!!

 

(Red_Hans)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020