logo

Written by Super User on . Hits: 53

“Tutup Kelemahan!”, Fokus Bimbingan dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama

WhatsApp Image 2021 02 22 at 10.53.09

Pimpinan, Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Bajawa ikuti kegiatan bimbingan dan evaluasi pembangunan zona integritas

pabajawa.net

BAJAWA- Bertempat di Gedung Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badillag) Mahkamah Agung RI, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjend Badilag) menggelar acara "Bimbingan dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM" via zoom meeting. Berdasarkan Surat Nomor 485/DJA/HM.00/2/2021 tertanggal 18 Februari 2021, Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesuai jadwal, sesi pertama dimulai pada pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB dan pukul 13.00 WIB sampai 16.30 WIB. Satuan Kerja (Satker) yang mengikuti sesi pertama merupakan Pengadilan Agama seluruh Indonesia. Sedangkan, yang mengikuti sesi kedua, merupakan satker yang sudah memperoleh predikat WBK untuk meraih perdikat WBBM.

Aco Nur membuka acara tepat pada pukul 09.30 WITA. Sekaligus memberikan arahan. Pada sesi satu, sebanyak 363 satker mengikuti bimbingan dan evaluasi. Dirjen Badilag, menegaskan bahwa, pada tahun 2021 ini, seluruh satker peradilan agama, baik tingkat banding maupun tingkat pertama, wajib mengikuti zona integritas. Tahun ini peradilan agama mendominasi dalam meraih predikat WBK dan WBBM.

“Ada beberapa catatan atas gagalnya satker meraih predikat WBK. Pertama, terkait kualitas interview internal maupun eksternal. Kedua, manajemen media yang masih lemah. Ketiga, pengelolaan layanan di pengadilan yang kurang maksimal. Keempat, kualitas komunnikasi kepada masyarakat pencari keadilan yang masih kurang luwes”. Tegas Aco Nur kepada seluruh peserta.

Acara dilanjutkan pemaparan oleh Tim Pengawas Internal (TPI) Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung RI. Adalah M. Anis dan dua rekannya yang merupakan Auditor Bawas MARI. Menyajikan penjelasan dan kejelasan guna meraih predikat WBK dan WBBM. M. Anis menyampaikan bahwa, “Kenapa ada beberapa gugur pada tahap survey?” Pertama, sisi kelemahan satker yang ingin meraih predikat WBK dan WBBM rata-rata ada pada area 3 dan area 6. Kedua, data eviden ZI yang dimasukkan di mpmzi tidak update. Ketiga, perencanaan pengembangan kompetensi pegawai yang tidak maksimal. Keempat, inovasi di pengadilan dibuat tidak atas dasar kebutuhan layanan masyarakat. “Harusnya inovasi yang dibuat lahir dari identifikasi resiko terhadap layanan kepada masyarakat”. M. Anis menegaskan.

Tahun lalu, untuk lingkungan peradilan agama sebanyak 265 satker yang diusulkan ke TPI. TPI merekomendasikan 254 satker saja yang dilanjutkan ke Kemen-PAN & RB untuk dilakukan survey, hasilnya hanya 250 satker yang di survey oleh Kemen-PAN & RB. Kata M. Anis, dari 250 satker yang disurvey, hanya 137 yang dilanjutkan ke tahap presentasi atau desk evaluation. Hingga akhirnya, hanya terdapat 50 satker saja yang berhasil memperoleh predikat WBK. Sedangkan untuk peraih WBBM hanya terdapat 2 satker, dari 28 Satker yang diajukan oleh TPI.

Di Media Center Pengadilan Agama Bajawa, segenap pimpinan, hakim dan pegawai mengikuti bimbingan evaluasi via zoom meeting. Disela-sela pembinaan, Doni Burhan Efendi selaku Ketua Pengadilan Agama Bajawa menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Badilag. “Pembinaan ini membuka tabir segenap keluarga besar Pengadilan Agama Bajawa untuk tetap semangat membangun ZI agar meraih perdikat WBK". Ungkap Pak Doni. Di waktu yang sama, selaku Ketua Pembangunan ZI Pengadilan Agama Bajawa, Rustam mengungkapkan apa yang akan terjadi nanti jangan telalu dirisaukan, yang pasti kita harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa ikut berkompetisi memperebutkan predikat WBK. “Tidak ada hal yang tidak mungkin, bila kita selalu berusaha”, Rustam melecut semangat.

Untuk meraih predikat WBK dan WBBM dibutuhkan daya juang yang besar. Selain itu, kebersamaan harus juga dibangun. Tak kalah penting, sebagai kunci keberhasilan meraih predikat WBK dan WBBM adalah dengan menutup kelemahan-kelemahan yang menjadi penilaian oleh tim penilai. (Red. Aba Giga)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb b  081339203868

fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020