logo

Written by Super User on . Hits: 46

Panitera Muda Hukum PA Bajawa Antusias Ikuti Diklat Kepemimpinan Pengawas

WhatsApp Image 2021 02 23 at 14.45.34

Pak Sul terlihat antusias ikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Pengawas Gelombang II

pabajawa.net

BAJAWA- Bertempat di Ruang Kepaniteraan Pengadilan Agama Bajawa, Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Bajawa, Sulhan Wardana yang akrab disapa Pak Sul terlihat antusias ikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Pengawas Gelombang II Tahun 2021. Diklat digelar secara Online dari tempat kerja via zoom meeting. Diklat diselenggarakan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia cq. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan. Berdasarkan Surat Pemanggilan Nomor 100/Bld/S/1/2021 tentang Pemanggilan Peserta Pelatihan Online Kepemimpinan Pengawas Gelombang II Angkatan XXVI dan XXXVI dari Tempat Kerja Tahun 2021, tertanggal 29 Januari 2021.

Pelatihan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 22 Februari 2021 sampai dengan 11 Juni 2021. Menggunakan sistem on- off campus. Pelatihan sistem On campus dilaksanakan sejak tanggal 22 Februari sampai dengan tanggal 1 April 2021. Sedangkan off campus dilaksanakan mulai 2 April sampai dengan 3 Juni 2021.

Dalam Peraturan Lembaga Administrasi (PERLAN) Nomor 15 tahun 2019 Tentang Pelatihan Kepemimpinan Pengawas disebutkan pada pasal 1 ayat 1 bahwa Pelatihan Kepemimpinan Pengawas yang selanjutnya disingkat PKP adalah pelatihan struktural kepemimpinan pengawas sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah yang mengatur mengenai manajemen Pegawai Negeri Sipil. PERLAN ini, menjadi dasar semua Lembaga pelatihan ASN dalam menyelenggaran pelatihan Kepemimpinan Pengawas. Diharapkan pelatihan ini dapat memunculkan calon pemimpin masa depan (leader).

Tak bisa dipungkiri peranan leader dalam mengubah wajah sebuah organasasi masih sangat dibutuhkan saat ini dan ASN yang menjabat jabatan pengawas bisa menjadi alah satu ujung tombak dalam membenahi organisasi demi tercapainya pelayanan yang terbaik bagi msyarakat serta mencapai perubahan yang diinginkan.

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial pengawas. Bahwa hasil akhir dari proses pelatihan ini yakni bagaimana seorang leader memiliki komptensi yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku seorang PNS yang dapat diamati diukur, dan dibebankan dalam melaksanakan tugas jabatannya. Kompetensi ini biasa disebut sebagai kompetensi kepemimpinan melayani. Sehingga melahirkan sebuah akuntabilitas jabatan, kesadaran akuntabilitas jabatan merupakan salah satu akuntabilitas yang wajib dimiliki setiap leader. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat, baik bagi diri Pak Sul dan Lembaga. Amiiin....(Red. Aba Giga)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb b  081339203868

fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020