logo

Written by Super User on . Hits: 363

 

Memaknai Kasih sayang Ibu

Oleh: Musthofa, S.H.I., M.H

(Hakim Pengadilan Agama Bajawa)

"Kasih ibu kepada beta..........

Tak terhingga sepanjang masa............

Hanya memberi tak harap kembali..........

Bagai sang surya menyinari dunia.........."

Kasih ibu memang tak terukur secara kuantitatif maupun kualitatif. Apapun bentuknya, yang kita berikan kepada ibu kita, entah itu benda bersifat materi (uang, emas, mobil dan pakaian sutera) dan bersifat imateri (kasih sayang, perhatian dan dedikasi) tidak akan mampu mengejar intensitas kasih sayang seorang ibu. Ibu pun mendapat tempat yang istimewa dalam kehidupan sehari-hari. Kaki-tangan pun rela dikasihkan, darah dan keringat pun relah dicucurkan. Semua itu bukanlah untuk mengukir namanya di atas langit nan tinggi atau di atas laut smudera yang luas. Semua itu adalah demi sang anak tercinta. Sehingga tidak mengherankan bila ada istilah ibu pertiwi. Hari ibu merupakan penegasan bahwa derajat seorang ibu memanglah sangat tinggi dari pada ayah dalam perspektif dedikasi dan pengorbanan untuk si buah hati.

Bertepatan dengan tanggal 22 desember, marilah kita merenungkan bersama akan kasih sayang ibu. Sungguh dalam sekali makna yang tersimpan dalam sajak nyanyian di atas, bila memang kita benar-benar merenungkan. Entah sejak kapan nyanyian itu terdengar syahdu ditelingaku. Saat mendengar itu, jiwaku terasa terperanjat bila lagu tersebut dikaitkan dengan kasih ibu yang telah tercurahkan kepasda anak-anaknya. Kadang kala juga mata pun tidak mampu menahan air yang menetas tiap kali aku melantunkan bait pendek yang syarat makna meskipun hanya sekedar untuk diri sendiri.

Sosok seorang ibu memang memiliki posisi yang sangat agung. Dalam jiwanya selalu terpancar sifat ilahi yang tak kan pernah padam. Itu tergambar jelas saat kita belum lahir ke dunia dan msih dalam gudang surgawi yang biasa disebut dengan alam rahim. 

 SELENGKAPNYA KLIK DISINI

 

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Bajawa

Jl. Patimura, Kelurahan Faobata,

Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

Telp: 0384 21272
Fax: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Panitera : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb b  081339203868

fb b  Pengadilan Agama Bajawa

ig   Pengadilan Agama Bajawa

map Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama Bajawa@2020